cara membuat website toko online sendiri

Website WordPress

Jan 07, 2021

Ariata C.

18menit Dibaca

Sukses di Tahun 2021 bersama Buat Toko Online Sendiri

Link iconSalin linkDisalin!Twitter logo Facebook logo LinkedIn logo Email iconSukses di Tahun 2021 bersama Buat Toko Online Sendiri

Internet memicu seluruh nya menjadi lebih mudah. Dari yang tadinya cuma berjualan di toko fisik, sekarang udah sanggup mendagangkan produknya di toko online. Bahkan bagusnya lagi, bikin toko online kini tak wajib lagi melibatkan jasa website design atau website developer. Website online shop sanggup Anda punya dalam hitungan hari. Pembuatannya termasuk semudah mengonlinekan website pribadi, meskipun langkah-langkahnya lebih panjang.

Nikmati DISKON hingga 64%! Tunggu apa lagi? Buat toko online Anda dan jadi perjalanan menuju sukses!

Buat Toko Online

Selain tidak ada pembayaran di muka, toko online termasuk punya prospek yang bagus dan menjanjikan di jaman depan. Anda tidak wajib mahir coding atau punya daftar produk jualan terutama pernah untuk memicu toko online sendiri.

Di artikel ini, Anda dapat mempelajari cara memicu toko online berasal dari awal. Berikut poin-poin yang dapat kita bahas:

Cara menentukan hosting dan bikin nama domain untuk website online shopCara memicu website toko online di berbagai platformPentingnya riset pasar, cara jalankan riset, dan produk apa saja yang sedang populerTips untuk penjualan pertamaStrategi untuk meningkatkan penjualan tiap-tiap harinya

Daftar Isi

Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Buat Toko OnlineBisnis DropshippingProduk dan LayananLangkah 1 – Riset Pasar1.1 Selaraskan bersama Produk dan Niche yang Sedang Naik Daun1.2 Cari Titik Temu Antara Passion dan Market yang Anda Tuju1.3 Memastikan Ide Anda dan Bagaimana Tuntutan dan juga Permintaan Pasar1.4 Membuat Prototype atau MVP1.5 Sumber dan Manufaktur ProdukLangkah 2 – Cara Membuat Toko Online2.1 Menginstall WordPress2.2 Setup WooCommerce2.3 Mendesain Toko2.4 Memasukkan Produk PertamaLangkah 3 – Perkenalkan Toko Anda dan Lakukan Penjualan Pertama3.1 Apa yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mengonlinekan Situs eCommerce3.2 Apa yang Harus Anda Lakukan Setelah Mengonlinekan Situs eCommerceKesimpulan

Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Buat Toko Online

Sebelum menjabarkan cara bikin toko online, Anda wajib punya nama domain dan web hosting terutama dulu. Jika untuk kala ini Anda belum mengayalkan produk atau sarana layaknya apa yang hendak dijual, membeli domain sanggup dilakukan di sesudah itu hari. Namun, kalau udah mengetahui usaha online yang hendak dikembangkan, jangan skip anggota pembahasan ini.

Ada banyak opsi platform untuk bikin website toko online. Misalnya, Shopify dan Wix yang paling lazim digunakan atau WooCommerce dan platform eCommerce sejenisnya.

Shopify dipilih dikarenakan kemudahannya. Namun, platform ini tidak selamanya menjadi yang terbaik untuk bikin toko online. Ini alasannya:

Tahukah Anda kalau menentukan Shopify justru membatasi potensi website? Alasan pertama, opsi desain terbatas, dan pilihan tema di Shopify tidak sebanyak yang tersedia di WordPress. Selain itu, desain dan temanya berbayar. Bagaimana sanggup Anda mengeluarkan sejumlah duit untuk gunakan sebuah platform yang lebih-lebih Anda sendiri tidak punya pemeriksaan lebih? Alasan kedua, keluar berasal dari Shopify artinya Anda wajib mengawali seluruh nya berasal dari awal.

Lain halnya kalau Anda menentukan WooCommerce. Anda punya pemeriksaan penuh pada desain dan tampilan toko. Di samping itu, WordPress dan WooCommerce tidak membebankan biaya kepada penggunanya. Anda cuma wajib membeli nama domain dan hosting untuk menjalankan ke-2 platform tersebut.

Baik Shopify maupun WooCommerce sama-sama tawarkan dukungan pelanggan. Hanya saja, pada akhirnya selamanya platform yang beri tambahan pemeriksaan penuh dan peluang untuk upgrade-lah yang menjadi pilihan terbaik.

Bisnis Dropshipping

Tidak seluruh orang punya pengalaman dalam berbisnis. Bagi lebih dari satu orang yang belum familiar bersama bidang ini menentukan teknik drop shipping sebagai cara awalnya. Drop shipping adalah suatu teknik atau metode berbisnis di mana Anda tidak menjadi orang pertama yang mengelola inventaris dan produk fisik. Konsep drop shipping sangat simpel, yaitu Anda menjajakan suatu produk di toko dan vendor ketigalah yang mengurus segala perihal berkaitan pengiriman.

Drop shipping adalah metode berbisnis yang dipandang gampang dan memadai menjanjikan. Hanya saja, metode ini tidak direkomendasi bagi Anda yang idamkan membangun usaha online dan menghendaki dapat keuntungan jangka panjang.

Berbisnis online bersama teknik drop shipping tidak membawa profit margin atau keuntungan dalam kuantitas banyak. Tentunya bukan perihal ini yang di inginkan kalau Anda hendak mengembangkan toko. Selain itu, Anda termasuk dapat kesulitan memperkenalkan dan mengukuhkan merk kalau yang dijual bukanlah produk sendiri, lebih-lebih Anda memakai merk orang lain (karena jalankan drop shipping).

Di samping pengiriman diurus oleh pihak ketiga, kekurangan lain berasal dari drop shipping adalah sudi tak sudi Anda turun tangan sebagai customer service. Sebenarnya, merangkap tugas sebagai customer layanan bukanlah perihal buruk. Hanya saja, perihal ini dapat menjadi ‘bencana’ dikarenakan baik inventaris maupun pengiriman bukan Anda yang mengurusnya. Anda mirip sekali tidak bertanggung jawab pada dua perihal ini. Bayangkan tersedia ratusan pelanggan marah di kala bersamaan dikarenakan pengiriman yang tertunda atau pengiriman yang terlambat, misalnya. Tentu saja ini dapat memicu Anda pusing tujuh keliling! Ya sudah, Anda cuma sanggup menghendaki kalau pengiriman produk yang dipesan para pelanggan segera dikirimkan dan tiba bersama cepat.

Di satu sisi, drop shipping adalah metode berbisnis yang gampang bagi Anda yang tetap pemula. Namun, di sisi lain, metode ini bukanlah pilihan yang tepat kalau Anda hendak memicu dan mengembangkan merk sendiri untuk menuai keuntungan besar jangka panjang.

Jadi, jika Anda hendak bikin toko online yang semuanya sanggup dikelola dan dikembangkan, solusinya adalah menjual produk sendiri.

Produk dan Layanan

Untuk cara memicu toko online, tersedia sejumlah produk dan sarana yang wajib Anda miliki.

Berikut gambarannya:

Nama domainWeb hosting untuk mengonlinekan website eCommerce.Platform untuk bikin toko online, jika WordPress dan WooCommerce.Modal untuk memicu produk MVP (akan dijelaskan lebih lanjut) dan produk awalPengemasan dan pengiriman produkBiaya untuk iklan berbayar

Seperti yang Anda lihat, modal yang dibutuhkan untuk bikin toko online tidak begitu banyak. Tentu saja ini menjadi berita baik kalau dibandingkan bersama memicu usaha offline atau membangun toko fisik.

Langkah 1 – Riset Pasar

Anda tidak kemungkinan memicu toko online tanpa produk. Itu namanya mustahil. Akan tetapi, lebih dari satu orang jadi kesulitan untuk melacak lebih-lebih meraih ide mengenai produk apa saja yang hendak dijual.

Belum meraih ide produk atau jasa yang hendak di tawarkan ke khalayak lazim bukan artinya Anda sesudah itu berhenti dan tidak menjadi berbisnis online. Sebenarnya, cara untuk mengetahui style produk yang dapat dijual sangatlah mudah. Mulailah ajukan pertanyaan simpel ini pada diri Anda: produk layaknya apa yang orang-orang butuhkan supaya mereka sudi mengeluarkan uang?

Pertama-tama, cari mengetahui keperluan pasar. Setelah itu, temukan produk yang berperan sebagai solusi untuk memenuhi keperluan tersebut. Dari sinilah Anda dapat meraih keuntungan.

Ketika jalankan riset market, fokuslah pada ‘kekurangan’ yang tidak disadari banyak pihak. Kedengarannya membingungkan? Kami dapat menjelaskan satu per satu di bawah ini.

1.1 Selaraskan bersama Produk dan Niche yang Sedang Naik Daun

Tentunya Anda idamkan menjajakan suatu hal yang unik dan berbeda. Apabila pelanggan sanggup mendapatkan produk yang Anda menjual di toko fisik, sanggup dibilang keuntungan yang dapat diperoleh tidak banyak, atau kemungkinan besar usaha gagal. Sebaiknya, berilah alasan yang penting mengapa orang-orang wajib membeli produk ini di toko Anda. Salah satu alasan yang paling tepat adalah produk ini cuma sanggup didapatkan di toko Anda dan tidak ditemukan di toko-toko lainnya.

Agar toko Anda meraih penghasilan, juallah produk yang sedang ngre-trend. Tidak cuma mendatangkan keuntungan jangka pendek, tindakan layaknya ini termasuk dapat membawa keberhasilan bagi toko Anda dalam jangka panjang. Jadi, jangan tawarkan produk atau jasa yang cepat mampir dan cepat pergi. Cobalah untuk menjajakan produk yang popularitasnya sedang menanjak.

Sebelum berkutat bersama cara memicu toko online sendiri, tersedia baiknya kalau Anda mencatat minat dan hobi Anda terutama dulu. Minat dan hobi dapat menjadi titik awal untuk mengeksplorasi berbagai style produk dan pasar.

Luangkanlah kala Anda untuk menjawab lebih dari satu pertanyaan di bawah ini:

Permasalahan apa saja yang sering aku temui dan alami tiap-tiap harinya?Dari produk yang aku miliki, mana yang paling aku sukai?Perusahaan layaknya apa yang aku sukai?Apakah aku tergabung dalam grup tertentu?

Berbekal empat pertanyaan di atas, yuk, secara berbarengan kita melacak topik dan produk yang sedang trending gunakan lebih dari satu tool di bawah ini.

TrendHunter

Cara bikin toko online - cari topik dan produk bersama TrendHunter

Situs ini menampilkan trend terbaru dan yang dapat mampir berasal dari berbagai niche. Sebagian trend mengacu pada niche, sedangkan lebih dari satu lainnya menyoroti produk tertentu. Dengan meluangkan kala untuk membaca Info di beranda utamanya saja, Anda udah sanggup meraih uraian umum.

Pencarian trend sanggup dipersempit bersama filter berdasarkan industri, layaknya teknologi, budaya, produk yang ramah lingkungan (eco-friendly), kemewahan (luxury), fashion, dan lain sebagainya.

Google Trends

Tool lain yang termasuk sangat berguna untuk riset pasar dan menganalisis dan juga meramal apa saja yang dapat trending adalah Google Trends. Pilih opsi Top Charts untuk mengetahui topik yang sedang tenar di berbagai belahan dunia. Halaman ini dapat menampilkan topik yang menjadi trending kala ini atau kemarin di lingkup pasar tertentu.

Google Trends beri tambahan Info yang sangat berharga, terutama lagi kalau Anda udah mengetahui produk atau niche yang hendak dicari. Tool ini dapat mengumpulkan information riwayat (historical data) berasal dari tahun 2004. Berdasarkan information ini, Anda dapat mengetahui market atau pasar mana saja yang kian populer.

Sebagai contoh, tersebut information charcoal mask.

Niche Charcoal Mask di Google Trends

Berdasarkan gambar information di atas, niche charcoal mask terus naik dan mirip sekali tidak tersedia tanda-tanda menurun.

ECOMHUNT

Buat toko online tidak mahal - cari produk di ECOMHUNT

ECOMHUNT cuma merekomendasikan produk eCommerce yang sedang trending. Meskipun website ini beri tambahan Info yang lebih berguna untuk para pelaku usaha dropshipping, bukan artinya Anda tidak sanggup jalankan riset pasar bersama tool online ini.

Di ECOMHUNT, tiap-tiap harinya tersedia list atau daftar produk baru yang kala ini sedang trending. Anda dapat meraih seluruh information yang berguna bagi usaha online, termasuk seberapa tenar suatu market, seberapa banyak keuntungan atau penjualan yang idamkan Anda bikin dan peroleh, bagaimana menargetkan suatu market, dan tetap banyak lagi.

Untuk kala ini, ECOMHUNT sanggup diakses secara gratis. Sayangnya, fitur yang di tawarkan serba terbatas. Di versi terbarunya, Anda dapat dikenakan biaya.

Influencer di Instagram

Salah satu cara memicu toko online makin lama dikenal banyak orang adalah bersama gunakan Instagram. Sudah banyak perusahaan yang sukses membangun brandnya bersama memakai jasa marketing influencer Instagram. Selain untuk mengembangkan toko dan brand, Anda termasuk sanggup gunakan Instagram dalam melacak produk yang sedang trend dan yang dapat datang.

Pada kala melacak niche di Instagram, bersama sendirinya Anda dapat mendapatkan influencer siapa saja yang berkaitan di dalamnya. Ketika melihat-lihat account influener, carilah produk yang sering mereka promosikan. Dari sinilah Anda dapat mengetahui bahwa produk yang mereka iklankan termasuk dalam kategori tenar dan banyak peminatnya. Anda pun dapat meraih uraian mengenai produk atau lebih-lebih perusahaan yang sanggup ‘ditiru’ untuk toko Anda nantinya.

Produk yang Trending di Tahun 2019-2021

Masih bingung wajib mengawali berasal dari mana? Anda sanggup merujuk pada daftar produk di bawah ini. Masing-masing produk udah disertakan link yang menampilkan hasilnya di Google Trends. Jadi, Anda sanggup mengetahui seberapa populernya produk-produk tersebut ini.

Beard OilMen’s ShoesMatcha TeaBamboo ToothebrushBackpacksSmartwatchesDetox Tea

Semoga daftar produk di atas sanggup menjadi referensi terbaik untuk Anda. Sebagai permulaan, Anda termasuk sanggup menjajakan salah satu produk di atas.

Hal-hal Lain Terkait Produk yang Harus Dipertimbangkan

Nah, sebelum saat mengawali cara memicu toko online, tersedia lebih dari satu perihal yang wajib dipertimbangkan selain melacak info produk yang trending.

Pertama, kemudahan pengiriman.

Kemungkinan besar di awal penjualan, Anda sendiri yang dapat jalankan pengiriman seluruh produk. Karena itulah, Anda wajib menerapkan aspek kemudahan dalam pengelolaan dan juga pengiriman produk berasal dari rumah atau kantor. Selain itu, mahal atau tidaknya biaya pengiriman termasuk wajib dipikirkan matang-matang. Sebagian besar customer dapat ‘lari’ begitu mengetahui biaya pengiriman yang ditetapkan mahal. Mereka lebih senang kalau biaya pengiriman tidak mahal atau lebih-lebih mirip sekali tidak tersedia biaya pengiriman. Jadi, sanggup ditarik kesimpulan kalau mengambil keputusan biaya pengiriman yang sangat mahal cuma dapat memicu para pelanggan Anda ‘kabur’.

Kedua, juallah barang atau produk yang bernilai tinggi.

Sebenarnya, tidak tersedia salahnya kalau Anda idamkan menjajakan produk bersama harga murah. Namun yang menjadi masalah, keuntungan atau margin yang didapatkan sedikit. Tentunya sebagai usaha startup, meraih keuntungan sebesar-besarnya adalah tujuan utama Anda.

Oleh dikarenakan itu, juallah produk yang berharga tinggi. Hal ini bukan artinya Anda wajib menjajakan barang atau produk bersama harga mahal, melainkan sebenarnya layak untuk di tawarkan bersama harga yang tidak murah. Produk yang dijual pun sanggup memenuhi permintaan dan keperluan para pelanggan supaya mereka tidak dapat segan-segan mengeluarkan sejumlah uang. Atau bersama kata lain, USP yang Anda tetapkan mengarahkan customer ke titik harga yang lebih tinggi.

1.2 Cari Titik Temu Antara Passion dan Market yang Anda Tuju

Trending market tidak dapat artinya apa-apa kalau Anda sendiri tidak hiraukan lebih-lebih tidak idamkan melacak mengetahui lebih mengenai Info yang dipaparkan. Dalam berbisnis, duit sebenarnya menjadi motivator terbesar. Siapa pun mengetahui itu. Namun, berbisnis bukan cuma soal meraih sejumlah keuntungan saja, melainkan lebih berasal dari sekadar kasus finansial.

Anggap saja Anda udah mengetahui produk yang hendak dijual. Selanjutnya, bikin perbandingan kecil pada produk yang menarik perhatian Anda bersama menjawab lebih dari satu pertanyaan di bawah ini.

Apakah Anda sangat hiraukan dan idamkan mengetahui mengenai market atau produk ini?Apakah ini niche yang dapat Anda kembangkan selama 5 tahun atau lebih?Apakah Anda punya pengalaman dalam market ini?Apakah market ini memadai besar untuk menjelma sebagai pesaing bagi perusahaan lain?

Mencari produk cocok bersama hobi dan minat Anda belumlah cukup. Anda wajib melacak keunikan dan juga perbedaan yang mendasar supaya produk yang dijual tidak serupa berasal dari para pesaing Anda. Jangan menjajakan produk yang mirip atau udah lebih pernah diperkenalkan oleh merk atau perusahaan lain.

Tanyakan pada diri Anda:

Apa berlebihan yang tersedia di produk Anda yang tidak dimiliki oleh produk lain?Apakah produk Anda sanggup memenuhi keperluan pelanggan?Bagaimana caranya supaya merk Anda unggul dibanding merk lain? (Bantuan pelanggan dan user experience yang lebih baik, produk yang di tawarkan pun memuaskan, dan lain sebagainya)Keunggulan apa saja yang dimiliki oleh pesaing Anda yang tidak tersedia di merk Anda?

1.3 Memastikan Ide Anda dan Bagaimana Tuntutan dan juga Permintaan Pasar

Setelah meraih ide dan gambaran bagaimana nantinya toko Anda, cara sesudah itu adalah melacak mengetahui tuntutan dan permintaan pasar. Ada lebih dari satu cara untuk mengetahui perihal tersebut, dan satu berasal dari sekian di antaranya adalah bersama gunakan Amazon dan Google.

Begini caranya:

Mengecek Daftar Bestseller di Amazon

Selain sebagai retailer eCommerce terbesar di dunia, Amazon termasuk sering dijadikan sumber data. Daftar atau List Best Seller-nya beri tambahan insight yang penting bagi market supaya Anda mengetahui produk layaknya apa yang sanggup mendatangkan keuntungan.

Misalkan saja Anda idamkan berbisnis di niche kecantikan (beauty). Cari produk-produk kecantikan best seller di Amazon yang sering dibeli oleh para pelanggan setianya.

Produk bestseller Amazon

Di sini yang dapat kita cari adalah style produk yang punya performa bagus. Apabila produk tersebut di tawarkan dan dijual oleh lebih dari satu perusahaan dan semuanya laris manis, Info layaknya ini sanggup membawa kabar baik.

Sekadar informasi, kompetisi adalah perihal positif jika produk yang di tawarkan punya pasar yang luas dan Anda berkesempatan untuk sukses.

Tips lain yang sanggup dilakukan:

Jika Anda idamkan melacak celah atau kekurangan dalam suatu market, luangkanlah kala untuk membaca lihat atau ulasan negatif. Berbagai lihat negatif yang ditulis umumnya melukiskan kasus dan kekecewaan para pelanggan pada suatu produk. Dengan begini, Anda sanggup membangkitkan produk yang tepat untuk memenuhi keperluan dan permintaan mereka.

Lakukan Riset Keyword atau Kata Kunci

Suatu kala Anda pasti dapat mengggunakan sarana Google sebagai salah satu cara memicu toko online berkembang, apakah itu bersama gunakan Adwords atau pencarian organik. Dengan Google, Anda sanggup mendapatkan berbagai information apakah orang-orang sebenarnya melacak produk layaknya yang Anda tawarkan, atau lebih-lebih kata kunci yang berkaitan bersama market Anda.

Bagi yang punya bujet cukup, tersedia berbagai tool berbayar yang sanggup digunakan. Namun, kalau Anda idamkan berhemat atau cuma punya sedikit biaya, Google’s Keyword Planner adalah pilihan terbaik. Meskipun langkah-langkah penggunaannya panjang kalau dibandingkan bersama tool berbayar layaknya KWFinder, Google’s Keyword Planner sanggup beri tambahan Info memiliki kualitas yang sanggup Anda andalkan.

Pertama-tama, membuka Google Keyword Planner.

Lalu menentukan opsi Find new keywords.

Tool Google Keyword Planner

Di layar selanjutnya, masukkan satu atau lebih dari satu tujuan keyword. Daftar yang berisi berbagai kata kunci sesudah itu dapat ditampilkan supaya Anda meraih Info mengenai traffic range.

Cari keyword

Tambahkan kata kunci yang relevan ke plan bersama mengklik checkbox dan menentukan add to plan.

Pilih opsi Plan Overview yang tersedia di sisi kiri. Sejumlah information iklan dapat dipaparkan, tetapi yang menjadi fokus Anda adalah Impressions, kolom yang tersedia di bawah Keywords (seperti pada gambar tersebut ini).

Trafik Google Keyword

Pilih salah satu angka yang tersedia di kolom Impressions, lalu kalikan bersama 30. Hasil berasal dari perkalian ini menunjukkan estimasi berapa banyak orang yang mengetikkan kata kunci tersebut di mesin pencari di bulan tertentu.

Meskipun metode ini tidak begitu akurat, tidak tersedia salahnya kalau Anda coba gunakan Google Keyword Planner. Apabila idamkan hasil yang lebih signifikan, gunakan tool kata kunci berbayar.

1.4 Membuat Prototype atau MVP

Kita asumsikan bahwa sekarang Anda udah meraih ide untuk toko online. Tunjukkan pada orang-orang bahwa ide yang cobalah Anda tawarkan sebenarnya berkualitas, bukan cuma omongan belaka.

Produk pertama yang Anda menjual tidak wajib sempurna. Kami merekomendasikan Anda untuk memicu Minimum Viable Product atau MVP terutama dulu. Tujuan atau goal berasal dari produk semula ini adalah untuk mewujudkan visi atau apa yang idamkan Anda capai. Namun pasti saja, produk semula ini bukanlah produk akhir yang Anda tawarkan.

Ingatlah untuk tidak membuang banyak kala lebih-lebih biaya dalam memperkenalkan MVP. Buatlah produk MVP secepat kemungkinan dan mulailah menawarkannya ke orang-orang. Punya kawan atau kerabat yang cocok bersama tujuan market Anda? Atau idamkan memberlakukan produk sebagai insentif bagi orang-orang yang sudi berhimpun dalam email list Anda? Tentunya Anda idamkan feedback secepat kemungkinan supaya sanggup mengetahui apakah orang-orang dapat membeli produk Anda atau tidak, atau Anda wajib jalankan evaluasi lagi (pivot).

1.5 Sumber dan Manufaktur Produk

Manufaktur dan pengiriman produk adalah dua berasal dari sekian aspek yang kemungkinan saja dapat menguras tenaga dan anggapan Anda. Namun, kalau ditelisik lebih mendalam, ke-2 perihal ini tidak sesulit yang dibayangkan.

Untuk kala ini, kemungkinan besar Anda tidak mengolah barang-barang sendiri. Caranya, Anda sanggup menghendaki dukungan berasal dari manufaktur pihak ketiga untuk memicu dan mengirimkan barang-barang yang dijual. Jadi, Anda tidak wajib mengayalkan berbagai aspek tehnis yang terkait bersama produk. Anda memadai mengandalkan manufaktur yang udah berpengalaman.

Berbagai perusahaan manufaktur tersebar di seluruh dunia, tetapi untuk permulaannya, gunakanlah jasa perusahaan manufaktur lokal. Jika gunakan perusahaan lokal, Anda sanggup terlibat dalam pembuatan produk. Selain itu, umumnya perusahaan lokal tidak dapat menghendaki biaya DP dalam kuantitas banyak.

Setelah sukses memicu produk atas nama sendiri dan laris manis di pasaran, untuk cara selanjutnya, Anda sanggup mengekspansi usaha dan bekerja mirip bersama perusahaan yang lebih besar manfaat kurangi biaya produksi.

Pengemasan Produk

Jangan menyepelekan kemasan produk. Sama layaknya orang-orang yang menilai suatu buku berasal dari sampulnya, para calon pelanggan termasuk dapat jalankan perihal yang mirip pada kemasan produk Anda. Kemasan adalah perihal paling pertama yang dilihat oleh customer pada kala produk udah tiba di tangan mereka.

Luangkanlah kala untuk berpikir dan mengayalkan perasaan para pelanggan dikala terhubung kemasan berasal dari produk yang mereka beli. Setelah itu, pilihlah material kemasan yang baik dan berkualitas.

Salah satu website yang menampilkan Info padat dan mengetahui mengenai berbagai style kemasan dan termasuk supplier-nya adalah ThomasNet. Setelah mengetahui ukuran atau dimensi produk, membuka website tersebut dan cari kemasan yang tepat hingga dapat.

Pengiriman Produk

Setelah selesai bersama pengemasan, cara sesudah itu adalah mengirimkan produk-produk yang dipesan oleh klien atau pelanggan. Untuk pengiriman, Anda sanggup gunakan jasa dan sarana provider pengiriman, layaknya JNE, J&T, atau Tiki.

Apabila usaha Anda udah makin lama besar dan berkembang, solusinya adalah gunakan perusahaan pihak ketiga untuk memangkas biaya. Provider logistik pihak ketiga dapat sediakan gudang warehouse untuk produk Anda dan termasuk yang bertanggung jawab pada pengiriman. Perusahaan layaknya ini umumnya mewajibkan kuantitas minimum order per bulannya sebelum saat akhirnya Anda diberi tanda tangan semacam perjanjian atau kontrak. Provider pihak ketiga ini dimanfaatkan jasanya setelah usaha Anda laris manis.

Langkah 2 – Cara Membuat Toko Online

Setelah mendapatkan ide dan juga produk yang tepat untuk usaha eCommerce, kini saatnya untuk bikin toko online Anda sendiri.

Beli nama domain dan hosting kalau Anda belum punya keduanya. Di Hostinger, Anda sanggup meraih keduanya cuma bersama jalankan satu kali pembelian saja! Pilih paket hosting bersama durasi 12 bulan atau kelipatannya dan dapatkan domain gratis di tahun pertama pembelian.

Pastikan provider hosting yang Anda menentukan sanggup diupgrade bersamaan bersama pertumbuhan dan pertumbuhan usaha online Anda. Selain itu, provider hosting yang dipilih cocok bersama WordPress dikarenakan kita dapat memberi tutorial cara memicu toko online bersama WordPress.

Jika hingga kala ini Anda tetap belum meraih nama yang tepat untuk toko, berdiamlah diri sebentar dan jawab lebih dari satu pertanyaan ini:

Apakah nama domain yang aku bikin nantinya sanggup menarik perhatian audiens?Apakah nama domain yang aku menentukan merepresentasikan pasar atau produk yang aku targetkan?Apakah nama doamin yang aku bikin nantinya punya arti lain yang cenderung negatif?

Buatlah nama dan pilihlah domain yang sangat mewakili reputasi merk Anda. Buat daftar lebih dari satu perusahaan yang menarik perhatian Anda dan mulailah menganalisis cara mereka memicu produk yang berbentuk original dan tidak gampang dilupakan.

2.1 Menginstall WordPress

Setelah membeli domain dan website hosting, cara sesudah itu berasal dari cara memicu toko online adalah menginstall WordPress. WordPress adalah platform dasar dan utama bagi website dan toko Anda. Di Hostinger, sistem install WordPress sangat mudah.

Login ke control panel. Tampilannya layaknya pada gambar di bawah ini.

Control Panel Hostinger

Pilih opsi Hosting yang tersedia di menu anggota atas, sesudah itu klik Manage atau Kelola untuk masuk ke account hosting.

Buat website online shop di hosting Hostinger

Pilih Auto Installer untuk install WordPress, satu berasal dari sekian banyak CMS terbaik.

Kemudahan install WordPress

Di layar berikutnya, menentukan domain di mana Anda hendak menginstall WordPress. Masukkan Info yang relevan, layaknya nama situs, nama Anda, email, sesudah itu klik Install.

Tunggu selama lebih dari satu kala hingga software sukses diinstall. Kini Anda udah punya WordPress yang siap ‘diutak-atik’. Bagaimana? Mudah, kan, caranya?

Install WordPress sedang berlangsung

Setelah WordPress sukses diinstall, Anda dapat terima email yang berisikan Info login WordPress. Gunakan Info ini tiap-tiap kali Anda hendak login ke dashboard WordPress.

URL login dapat keluar layaknya ini, http://situsanda.com/wp-admin. Buka halaman login, sesudah itu masukkan username dan password, lalu klik Log In.

Login WordPress

Kini Anda udah sukses masuk ke backend situs. Sebelum menginstall software eCommerce, buatlah halaman yang dapat dibutuhkan oleh toko Anda terutama dulu.

Buka Pages > Add New.

Halaman eCommerce 'Tentang Kami (About)'

Halaman ini dapat kita namai About (Tentang Kami). Di halaman ini Anda dipersilakan untuk menulis awal terbentuknya usaha Anda dan juga produk yang ditawarkan.

Berikut halaman-halaman lain yang sebaiknya tersedia di website usaha Anda:

HomeInformasi Pengiriman (Shipping Information)FAQBantuan Pelanggan (Support)Blog

Secara otomatis, WooCommerce dapat memicu halaman yang dibutuhkan oleh toko Anda supaya sanggup berguna bersama baik, layaknya halaman belanja, halaman checkout, dan tetap banyak lagi.

2.2 Setup WooCommerce

WooCommerce adalah plugin WordPress gratis yang dapat membuat perubahan website Anda menjadi website eCommerce sepenuhnya. Plugin ini tepat manfaat dan kaya dapat fitur supaya Anda tidak perlu plugin lainnya. Selain itu, WooCommerce termasuk udah disempurnakan bersama library ekstensi berbayar yang sanggup Anda beli untuk mengaktifkan lebih banyak fitur di toko Anda.

Untuk menginstall WooCommerce, membuka Plugins > Add New dan ketik WooCommerce di kolom pencarian sebelah kanan. Cari plugin yang dimaksud bersama tampilan layaknya di bawah ini:

Install WooCommerce

Setelah klik Activate, Anda dapat diarahkan ke daerah di mana Anda sanggup memasukkan seluruh Info toko Anda.

Setup WooCommerce

Pedoman setupnya sangat intuitif. Ikuti langkah-langkahnya, dan seluruh file WooCommerce yang dibutuhkan dapat dibuat. Bahkan, bersama WooCommerce, Anda sanggup mengaktifkan payment processor, layaknya Stripe dan PayPal. Mudah, bukan, cara memicu toko online bersama WooCommerce?

2.3 Mendesain Toko

Untuk mendesain toko online, gunakan opsi kustomisasi yang tersedia di tema WordPress.

Karena WooCommerce adalah plugin WordPress yang punya banyak peminat, lebih dari satu besar tema yang tersedia cocok bersama software ini. Hanya saja, yang hendak Anda bikin adalah toko online. Maka berasal dari itu, pilihlah tema yang dikhususkan untuk WooCommerce.

Beragam tema yang tersedia di WordPress dibuat untuk memaksimalkan potensi dan performa WooCommerce. Akan selamanya tersedia tema yang tepat untuk website toko Anda berapa pun biaya yang wajib Anda keluarkan.

Berikut tiga link yang sanggup dijadikan acuan:

ThemeForest WooCommerce ThemesWooCommerce Theme LibraryWordPress WooCommerce Theme Library

Di tutorial cara memicu toko online ini, kita dapat gunakan tema gratis Storefront yang di tawarkan oleh WooCommerce.

Untuk menginstall tema ini, membuka Appearance > Themes, lalu klik opsi Add New. Setelah itu, ketik Storefront di kolom pencarian, sesudah itu install tema yang dimaksud bersama tampilan layaknya di bawah ini.

Cara memicu toko online bersama tema Storefront

Setelah tema sukses diinstall dan diaktifkan, ikutilah langkah-langkah yang tersedia untuk jadi bikin toko online.

Gambar bersama tampilan layaknya di bawah ini dapat muncul. Klik Let’s go!

Setup Tema Storefront

Anda dapat diarahkan ke layar sesudah itu untuk mengkustomisasi situs. Menu di sebelah kiri tawarkan berbagai opsi yang sanggup Anda gunakan untuk memodifikasi website cocok keinginan.

Kustomisasi tema

Jika udah senang bersama tampilan toko yang Anda buat, klik opsi Publish.

Untuk Info selengkapnya mengenai cara setup tema Storefront, silakan baca tutorial WooCommerce ini.

2.4 Memasukkan Produk Pertama

Untuk beri tambahan atau memasukkan produk pertama yang hendak dijual, membuka Products > Add New lewat sidebar di sisi kiri. Anda dapat diarahkan ke halaman bersama tampilan layaknya di bawah ini. Jika Anda udah punya kebiasaan bersama WordPress, maka wujud dan rupa halaman ini nyaris mirip bersama halaman editor Post atau Page standar.

Tambah produk

Apabila scroll ke bawah, Anda dapat mendapatkan daerah di mana Anda sanggup menginput harga produk dan beri tambahan uraian produk.

Data produk

Di sebelah kanan berasal dari halaman produk, terdapat daerah di mana Anda sanggup beri tambahan foto produk atau lebih-lebih memicu galeri foto.

Cara memicu website toko - Tambah gambar atau foto produk

Jika sebelumnya Anda udah puya stok foto sendri, menentukan opsi Upload Files, lalu drag-and-drop­ foto atau gambar ke uploader.

Anda sanggup beri tambahan sebanyak kemungkinan produk di WooCommerce. Namun, di awal usaha online, kemungkinan besar Anda cuma dapat memasukkan satu produk saja. Hal ini tidak menjadi soal, selamanya bikin daftar produk dan segera onlinekan toko Anda.

Langkah 3 – Perkenalkan Toko Anda dan Lakukan Penjualan Pertama

Jika seluruh cara di atas udah sukses dilakukan, inilah saatnya untuk menjajakan produk pertama. Seperti yang udah dibahas sebelumnya, tersedia banyak perihal berkaitan pembuatan toko yang wajib dipertimbangkan.

Pertama-tama, cek lagi website eCommerce Anda untuk meyakinkan tidak tersedia error, dan sistem order atau pemesanan berjalan lancar. Selanjutnya, kita dapat membahas konsep sebelum saat dan setelah mengonlinekan website eCommerce Anda.

3.1 Apa yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mengonlinekan Situs eCommerce

Dengan gunakan kala sebaik kemungkinan dalam memicu rencana, Anda sanggup menciptakan momentum terbaik untuk penjualan produk pertama. Buat orang-orang lebih aware pada merk dan toko Anda.

Cara memicu website toko online Anda dilirik pada penjualan pertama adalah bersama perhitungkan lebih dari satu perihal tersebut ini:

Membuat Landing Page ‘Coming Soon’

Menampilkan landing page ‘Coming Soon’ artinya beri tambahan peluang bagi website Anda untuk menarik sebanyak kemungkinan trafik, meskipun website belum semuanya selesai dibuat. Bahkan bersama ada landing page ini, Anda sanggup memicu daftar atau list email pelanggan supaya sanggup jalankan penjualan setelah website eCommerce siap digunakan.

Membuat landing page di Wordress sangat mudah. Install plugin, jika Minimal Coming Soon & Maintenance Mode, lalu aktifkan.

Setelah plugin sukses diinstall, opsi baru dapat keluar di dashboard WordPress. Buka Settings > Maintenance Mode dan Anda dapat diarahkan ke halaman pengaturan bersama tampilan layaknya di bawah ini:

Cara Membuat Website eCommerce - Install Plugin Minimal Coming Soon & Maintenance Mode dan bikin landing page

Masukkan Info yang dibutuhkan dan halaman ‘Coming Soon’ dapat secara otomatis dibuat. Halaman inilah yang dapat dilihat pertama kali oleh para pengunjung dikala terhubung toko Anda. Plugin Minimal Coming Soon & Maintenance Mode termasuk sanggup diintegrasikan secara segera bersama MailChimp untuk memicu daftar atau list pre-launch email.

Sertakan lebih dari satu elemen ini ke landing page:

Foto produk. Adanya foto produk dapat memudahkan para pelanggan meraih uraian lazim mengenai produk atau jasa yang hendak Anda tawarkan.Nama perusahaan, merupakan perihal pertama dan mendasar yang wajib Anda tetapkan sejak awal mula bikin toko online.Teks yang singkat. Buat landing page yang simpel. Jangan tambahkan elemen yang tidak relevan bersama produk. Sebaiknya, gunakan teks yang singkat untuk mengetes tanggapan pengunjung pada produk Anda.

Menarik Trafik via Media Sosial

Anda sanggup gunakan media sosial untuk menarik sebanyak kemungkinan trafik sebelum saat website eCommerce di-online-kan. Platform yang paling sanggup Anda andalkan adalah Instagram.

Di Instagram, Anda sanggup mengupload foto produk beresolusi tinggi, gambar yang relevan, dan lebih-lebih testimoni pelanggan untuk menciptakan gaung pada usaha Anda.

Cukup pakai link yang mengarah ke website di profil bio account Instagram Anda. Dengan demikian, Anda sanggup mengetahui berapa banyak orang yang datang ke toko Anda bersama mengklik link yang dipasang di bio.

Alternatif lain, tawarkan insentif pada orang-orang yang bersedia berhimpun bersama list atau daftar yang Anda buat. Sebagai contoh, memberikan insentif berbentuk discount 10% bagi calon pelanggan yang berhimpun sebelum saat toko Anda resmi beroperasi.

3.2 Apa yang Harus Anda Lakukan Setelah Mengonlinekan Situs eCommerce

Landing page udah dibuat dan trafik sukses diarahkan ke halaman tersebut. Maka kita asumsikan bahwa kala ini Anda udah punya daftar calon customer atau pelanggan. Penjualan produk pertama pun siap dilakukan.

Berikut langkah-langkah yang wajib Anda jalankan supaya sukses memicu penjualan pertama:

Kirim email ke seluruh orang yang tersedia di list yang udah Anda bikin sebelumnya untuk memberitakan bahwa mereka udah sanggup terhubung dan mengeksplorasi toko Anda.Kabarkan termasuk di media sosial.Tawarkan discount khusus untuk sejumlah customer pertama.Rencanakan dan jalankan trik jangka panjang.

Setelah jalankan keempat tips di atas, keuntungan yang didapat dapat mengalir secara perlahan. Ingat, tujuan utama Anda adalah penjualan yang terus-menerus untuk menghasilkan keuntungan yang besar, bukan berfokus pada promo atau discount opening store yang khawatirnya jadi dapat merugikan diri Anda sendiri

Berikut cara yang sanggup Anda terapkan untuk membangun dan juga mengembangkan merk dan toko Anda:

Menggunakan Jasa Marketing Influencer

Seperti yang udah disebutkan bahwa Instagram adalah salah satu cara memicu toko online dikenal. Sebagian besar perusahaan eComerce gunakan Instagram untuk membangun merk mereka. Sebagai contoh, merk besar layaknya Skinny Me Tea sukses menggapai popularitas dikarenakan marketing yang dilakukan oleh influencer. Bagi mereka yang belum familiar, metode influencer marketing artinya membayar orang-orang yang punya kuantitas follower banyak di Instagram untuk mempromosikan suatu produk.

Meskipun influencer marketing cuma berlaku di niche tertentu, selamanya saja metode ini sanggup menjadi alternatif terbaik untuk meningkatkan popularitas produk dan juga merk Anda. Berikut lebih dari satu artikel mengenai influencer marketing di Instagram yang sebaiknya Anda baca:

How E-Commerce Brands Can Leverage Influencer Marketing For More SalesInstagram Influencer Marketing: Three Steps To Unleash the Power of Social Celebrities in EcommerceInfluencer Marketing for Beginners: Beginners Guide to Finding, Vetting, dan Working with Social Media Influencers

Promosi Besar-besaran di Media Sosial

Tak cuma untuk meningkatkan kesadaran atau awareness pelanggan pada brand, media sosial termasuk merupakan ‘sarana’ untuk membangun interaksi dan juga komunikasi dan mengirimkan trafik ke website toko online Anda. Market atau pasar yang dituju dapat mendukung Anda dalam memastikan media sosial yang layak untuk digunakan.

Facebook, Instagram, Twitter, dan Pinterest adalah media sosial yang punya pengikut terbanyak dan pasti saja sanggup Anda manfaatkan.

Ada banyak cara untuk memperkenalkan usaha online Anda di masing-masing platform yang disebutkan di atas. Neil Patel menulis sebuah artikel yang membahas lebih dalam mengenai cara meraih lebih banyakvaudiens melalui berbagai platform media sosial.

Untuk trik konten, Pinterest adalah pilihan terbaik. Alih-alih menampilkan produk yang dijual, bikin dan upload konten yang nge-trend di Pinterest, sesudah itu pin tulisan tersebut untuk mengarahkan trafik ke toko Anda.

Menggunakan Iklan

Jangan takut untuk gunakan iklan kalau Anda idamkan lebih benar-benar dalam mengembangkan toko online. Salah satu wujud advertising yang paling efektif adalah PPC, atau pay-per-click advertising, layaknya Google Adwords atau Facebook ads.

Untuk beriklan di internet, Anda wajib mengandalkan keyword. Nantinya Anda memicu ads yang keluar di hasil pencarian dan mengarahkan orang-orang untuk masuk ke halaman produk atau beranda utama website. Jika gunakan Facebook advertising, iklan toko Anda dapat keluar di feed user atau pada sidebar.

Sebelum memastikan untuk memakai jasa iklan, lakukanlah riset dan pemeriksaan pada seluruh perihal berkaitan usaha online. Tentunya yang idamkan Anda bikin adalah iklan yang sanggup mendatangkan keuntungan. Mulailah bersama gunakan sarana iklan murah. Setelah yakin usaha sanggup berkembang bersama pesat, buatlah iklan yang dapat meningkatkan konversi.

Iklan berbayar tawarkan suatu fitur canggih yang disebut retargeting. Dengan fitur ini, Anda sanggup menampilkan iklan ke orang-orang yang kemungkinan saja udah lebih pernah terhubung website eCommerce Anda atau mereka yang tersedia di daftar email. Karena mereka akhirnya mengetahui siapa Anda dan usaha online layaknya apa yang cobalah dihadirkan, para pelanggan dapat lebih sering mampir dan berbelanja.

Membuat Strategi Konten Jangka Panjang

Situs eCommerce sebenarnya sama juga bersama usaha dan kesibukan jual-beli. Namun, bukan artinya eCommerce mirip sekali tidak sanggup dimaksimalkan untuk konten.

Sebagai contoh, Anda sanggup memicu konten berdasarkan kata kunci yang terkait bersama niche, meningkatkan peringkat di search engine, dan mengarahkan trafik ke website Anda. Bahkan Anda sanggup memicu dan memaksimalkan konten yang didedikasikan tertentu untuk media sosial (seperti Pinterest yang udah disebutkan di atas). Di samping itu, Anda termasuk sanggup memicu konten berbentuk uraian singkat suatu produk supaya pelanggan sanggup memastikan apakah mereka dapat membeli produk tersebut atau tidak.

Strategi konten adalah salah satu cara paling tepat dalam meningkatkan awareness pada merk Anda dan termasuk memelihara reputasi brand. Keberadaan konten pun sangat efektif dalam mendatangkan trafik yang tinggi. Salah satu metode untuk mewujudkan trik konten adalah bersama membuat blog.

Berikut tiga petunjuk yang cobalah kita sediakan bagi Anda yang idamkan mengetahui cara memicu toko online dikenal lewat konten:

How to Create a Great eCommerce Content Strategy (eBook)How to Get Content Marketing Right in E-CommerceE-Commerce Content Marketing: 15 Ways to Get Started ASAP

Kesimpulan

Butuh usaha dan kerja keras untuk memicu toko online sendiri. Untungnya, di artikel ini, Anda udah meraih Info dan uraian lazim mengenai perihal apa saja yang wajib dipersiapkan untuk mengonlinekan website eCommerce berasal dari awal.

Dengan toko online, Anda sanggup membangun kerajaan usaha berasal dari modal yang kecil, sesudah itu meningkat hingga menjadi website eCommerce bersama penghasilan jutaan rupiah. Karena pasar eCommerce tidak pernah redup dan terus berkembang, tersedia jaminan bahwa usaha Anda sanggup sukses di tahun-tahun berikutnya.

Sebelum kita mengakhiri artikel ini, ingatlah bahwa pelanggan adalah ‘roda penggerak’ usaha Anda. Mereka jugalah yang menentukan apakah usaha Anda sanggup selamanya berjalan atau jadi bangkrut. Maka berasal dari itu, layanilah mereka layaknya raja. Bangunlah interaksi yang kuat bersama pelanggan Anda dan bantulah mereka bilamana mengalami masalah. Jangan lepaskan pelanggan yang udah setia bersama Anda.

Jadi, kapan kala terbaik untuk bikin toko online? Sekarang! Lakukan riset, dan brainstorming berbagai ide produk. Carilah tutorial mengenai cara bikin toko online. Buatlah produk MVP. Lalu onlinekan toko Anda dan jalankan penjualan pertama!

AuthorPenulis

Ariata C.

Ariata senang sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata idamkan membagikan pengetahuan mengenai website, WordPress, dan perihal berkaitan hosting lainnya kepada para pembaca.

Tutorial lain berasal dari Ariata C.

Comments

Popular posts from this blog

cara membuat website toko online dengan wordpress